4 Cara Memakai Softlens untuk Pemula, Mudah Dipraktikkan

Satu.news, Jakarta – Perlu di ketahui ada beberapa alternatif dalam mengatasi masalah penglihatan tetapi salah satu cara alternatif yang mudah untuk mengatasi masalah penglihatan ialah dengan menggunakan lensa kontak atau softlens. Pada penggunaan softlens ini biasanya dipilih oleh seseorang yang mempunyai gangguan penglihatan ketika tidak ingin menggunakan kacamata. Selain itu juga, penggunaan softlens juga dapat menunjang penampilan seseorang menjadi lebih menarik terlihat.

Pada penggunaan softlens juga tidak boleh asal-asalan, terutama bagi para pemula. Soalnya penggunaan softlens yang salah dapat menyebabkan mata perih hingga terjadi iritasi. Oleh karena itu, sangat dianjurkan mengetahui cara memakai softlens dengan benar.

Lantas, bagaimana cara memakai softlens dengan benar? Yuk, kita simak beberapa ulasannya.

1. Membersihkan Tangan

Berikut cara memakai softlens yang pertama ialah dengan membersihkan tangan. Lakukan sebelum kamu memegang dan memasang softlens dianjurkan untuk membersihkan tangan dahulu. Soalnya, jika menggunakan tangan yang kotor bisa memindahkan kuman atau bakteri ke softlens yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada mata.

Gunakanlah sabun saat hendak mencuci tangan, kemudian bilas dengan menggunakan air mengalir sampai bersih. Setelah mencuci tangan, keringkan seluruh bagian tangan terlebih dahulu sebelum memakai softlens.

2. Membersihkan Softlens

Salah satu cara memakai softlens yang tidak kalah pentingnya ialah dengan membersihkan softlens terlebih dahulu. Walaupun sudah dalam kondisi terendam saat disimpan, sebaiknya tetap membersihkan softlens kembali sebelum menggunakannya. Hal ini untuk memastikan softlens benar-benar dalam keadaan bersih.

Selain itu, ambil softlens dari wadahnya menggunakan jari telunjuk, kemudian bersihkan lensa kontak memakai cairan pembersih khusus lensa kontak. Pastikan Anda membersihkannya dengan cairan pembersih khusus yang telah disediakan.

3. Memegang Softlens dengan Benar

langkah yang harus dilakukan setelah membersihkan softlens ialah dengan mengambil softlens menggunakan jari telunjuk. Jika kamu ingin menggunakan softlens pada mata kiri, maka gunakan jari telunjuk kanan saat akan memasangnya. Begitupun sebaliknya, hendaknya gunakan telunjuk jari kiri saat kamu akan memasang softlens pada mata sebelah kanan.

Perlu diketahui juga ketika memasang softlens, pastikan kamu memposisikan softlens dalam bentuk “U” sempurna. Usahakan softlensmu tidak terbalik ataupun berbentuk setengah lingkaran. Tetapi, jika ditemukan lensa kontak rusak, maka sebaiknya untuk tidak menggunakannya.

4. Memakai Softlens

Setelah melakukan beberapa hal yang di atas maka, sekarang kamu sudah bisa memulai memasang softlens. Terlebih dahulu tempatkan softlens di ujung jari telunjuk ataupun di jari tengah. Kemudian sambil menghadap cermin, buka dan tarik, lalu tahan bagian atas dan bawah kelopak mata kamu secara bersamaan dengan menggunakan jari tangan lainnya.

Setelah melakukan itu, dilanjut dengan meletakkan softlens pada bagian hitam bola mata kamu secara perlahan dan hati-hati. Tutup mata sebentaran dan mulai mengedipkan beberapa kali agar menempatkan lensa kontak pada bola mata kamu sampai terasa nyaman.

Baca Juga