4 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Tubuh

Satu.news, Jakarta – Hal yang diketahui ialah wortel dikenal baik bagi kesehatan mata. Tetapi kenyataannya, sayuran ini juga mampu memiliki beragam manfaat sehat lainnya bagi tubuh kita.

Sebagian besar orang telah mengetahui beberapa manfaat wortel bagi kesehatan antara lain mata.

Wortel ialah suatu jenis sayuran akar yang diakui sebagai makanan sempurna bagi kesehatan. Sayuran ini terasa renyah, gurih, dan memiliki gizi tinggi. Lantas, apa sajakah manfaat wortel?, Berikut simak artikelnya:

1. Kaya akan Nutrisi

Wortel banyak mengandung berbagai jenis zat nutrisi. Yang terkandung di dalamnya ialah :
Kalori 41 kalori
Karbohidrat 9,6 gram
Gula 4,7 gram
Serat 2,8 gram
Air 88 persen
Protein 0,9 gram
Lemak 0,2 gram
Bahkan wortel juga mengandung banyak
vitamin dan mineral, seperti:

Vitamin A, B, C, E, K
Beta-karoten
Alfa-karoten
Fosfor
Lutein
Kalsium
Kalium
Zat besi, dan masih banyak lainnya.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Ilustrasi Mata
Ilustrasi Mata

Sering dijumpai, salah satu manfaat wortel yang satu ini juga dikenal oleh sebagian besar orang. Bahkan memang benar adanya bahwa wortel merupakan jenis makanan yang baik baik kesehatan mata kita. Oleh sebab itu, wortel memiliki kandungan vitamin A yang sangat penting bagi mata.

Dengan rutin mengonsumsi sayur wortel ternyata dapat melindungi kita dari penyakit mata, seperti katarak, rabun, dan masalah mata lainnya.

3. Menurunkan Kolesterol

Kandungan yang ada pada wortel kaya akan serat larut, terutama dari pektin. Karena kandungan itulah yang membuat manfaat wortel dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Maka sebuah penelitian di AS telah membuktikan hal tersebut.

Penelitian itu dilakukan dengan mengamati beberapa peserta yang rutin mengonsumsi wortel setiap harinya, dalam porsi tertentu selama tiga minggu. Para peneliti juga mengamati penurunan kolesterol yang bisa terjadi. Hasilnya pun, banyak para peserta telah mengalami penurunan pada kadar kolesterolnya.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Diketahui wortel merupakan salah satu sumber dari beberapa vitamin dan mineral yang baik, khususnya vitamin A, vitamin K1, Kalium, biotin dan vitamin B6. Selain itu juga, wortel kaya akan beta-karoten. Oleh sebab itulah tidak heran apabila manfaat wortel bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Beta-karoten inilah nantinya akan diubah oleh tubuh kita menjadi vitamin A. Kemudian zat nutrisi tersebut akan membantu meningkatkan penglihatan dengan baik, dan berperan pula untuk pertumbuhan, perkembangan, dan imunitas tubuh.

Maka mulai dari sekarang, konsumsilah sayuran wortel ini dan masukkan ke dalam menu harianmu, agar tubuh selalu mendapatkan manfaat dari sayuran wortel tersebut. Selamat mencoba.

Baca Juga