5 Manfaat Timun untuk Wajah

Satu.news , Jakarta – Mentimun kerap kali kita jumpai di berbagai sajian makanan seperti lalapan. Kandungan yang terdapat pada mentimun ternyata banyak manfaatnya terutama untuk wajah. Yuk di simak beragam manfaat mentimun untuk wajah.

1. Menenangkan mata yang bengkak

Untuk perbaikan yang instan atau cepat, berikan irisan timun yang dingin pada atas mata kamu. Timun yang mengandung flavonoid serta antioksidan, dipercaya dapat mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan iritasi, pada mata. Oleh karena itu dengan memberikan efek pendinginan dapat membantu menyusutkan pembuluh darah sehingga mengurangi terjadinya pembengkakan pada mata.

2. Mengobati kulit terbakar matahari serta iritasi

Efek dari paparan sinar matahari terus menerus bisa sangat menyakitkan. Timun mengandung banyak nutrisi seperti air, kalium, sulfat, dan vitamin A, serta C yang bisa menenangkan kulit terbakar.

Cukup letakkan irisan timun di wajah Anda dan biarkan hingga 15 menit. Setelahnya, gunakan pelembap wajah seperti biasa.

3. Sebagai masker wajah anti penuaan

Kamu bisa mencampurkan setengah timun yang telah ditumbuk atau di haluskan dengan tambahan dua sendok makan yoghurt, lalu kamu dapat mengaplikasikan campuran timun tersebut pada wajah. Cukup biarkan selama kurang lebih 15 menit dan setelah itu bersihkan dengan air hangat.

Kandungan yang terdapat pada timun ialah berupa vitamin C dan asam caffeic. Dua antioksidan ini yang jika digunakan pada kulit akan membantu dalam mengatasi masalah yang sering terjadi pada wajah yaitu kerutan dan kerusakan akibat sinar matahari.

Di lain itu ada yoghurt yang merupakan agen pengelupas kulit, berfungsi sebagai pengangkat kotoran serta sel kulit mati. Jika dikombinasikan dengan timun, makan akan memiliki sifat pembersihan.

4. Melembabkan kulit

Kandungan yang ada dalam timun ialah 96 persen air. Kandungan inilah yang dapat membantu agar kulit yang kusam terasa lembab. Tetapi, perlu diketahui juga bahwa dengan air saja belum cukup untuk memenuhi kebutuhan kulit serta membuat kulit menjadi lebih lembab.

Oleh sebab itu, jika ingin merasakan manfaatnya dengan baik, mentimun ini bisa dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya yang bersifat melembabkan, misalnya dengan mencampurkan madu atau aloe vera.

5. Mencegah jerawat dan pori-pori

Wajah dengan sel kulit mati dan kulit berminyak dapat menyumbat pori-pori dan dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Maka dengan adanya mentimun yang memiliki sedikit sifat astringen dapat mengecilkan pori-pori wajah. Wahh!

Sari yang terdapat pada mentimun bisa dimanfaatkan loh!.
Dengan sebagai toner salah satunya, yang akan membersihkan noda-noda pemicu jerawat. Cukup tuang ke dalam kapas, lap sapukan di wajah secara teratur.

Itu dia beberapa manfaat yang dapat di ambil dari timun bagi wajah. Dapat diaplikasikan di rumah. Selamat mencoba, semoga ampuh yahh.

Baca Juga