7 Kegunaan maupun manfaat minyak zaitun untuk kesehatan

Satu.news, Jakarta – Perlu diketahui manfaat minyak zaitun pada wajah dan rambut merupakan hal yang sudah banyak orang ketahui. Tapi siapa sangka ternyata minyak zaitun juga mempunyai manfaat bagi kesehatan, lho ! yuk kita simak beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan di bawah ini :

1. Melancarkan aliran darah

Minyak zaitun juga mengandung lemak omega 3, 9, dan 6 yang dapat memperbaiki dan mempunyai fungsi endotel pembuluh darah sehingga membuat aliran darah kamu dapat menjadi lebih lancar. Maka dengan menggunakan minyak zaitun tersebut berfungsi agar aliran darah pada tubuh kamu dapat menjadi lancar.

2. Mencegah dan mengurangi risiko kanker

Sifat minyak zaitun yaitu mempunyai antioksidan dan anti inflamasi yang kuat dan dan vitamin E nya dan juga kandungan phenolic. sehingga baik digunakan pada tubuh dan dapat mencegah serta mengurangi timbul adanya risiko kanker terutama kanker payudara dan kanker kulit.

Sehingga dengan menggunakan minyak zaitun sebagai tabir surya untuk kegiatan sehari-hari di luar rumah secara rutin akan bermanfaat pada diri dan terhindar dari kanker kulit, yang merupakan juga cara yang terbaik untuk mencegah sinar matahari serta dapat melindungi kulit kamu dari efeknya terkena sinar matahari langsung yang diketahui sangat berbahaya bagi kesehatan, seperti UVA dan UVB. Oleh karena itu dapat mencegah malignant melanoma yaitu merupakan tipe kanker kulit yang paling berbahaya bagi tubuh.

Pada kasus kanker payudara sendiri, terkadang seringkali kita mendengar atau menemui seorang yang terkena kanker payudara. Kanker payudara ini bisa terjadi karena adanya lemak jahat pada tubuh yang dikonsumsi melalui makan-makanan yang instan.

Sedangkan lemak yang terdapat pada minyak zaitun ini juga dapat melawan atau menangkal perkembangan timbulnya tumor, yang akan menjadi cikal bakal atau asal mula adanya kanker payudara tersebut. Sehingga minyak zaitun yang terdapat kandung banyak asam oleat ini, juga lemak tak jenuh, serta beberapa senyawa bioaktifnya seperti antioksidan tersebut bisa menjadi pokok penting untuk mengatasi tumor.

3. Dapat Mencegah serta Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Perlu kamu ketahui minyak zaitun juga memiliki kandungan Antioksidan yang tinggi, sehingga membantu mencegah munculnya kolesterol dalam darah yang mengalami teroksidasi dan dapat melindungi, mencegah, serta dapat mengurangi risiko adanya penyakit jantung pada tubuh.

4. Dapat Mengontrol Kolesterol

Peredaran darah yang lancar dan juga antioksidan yang tinggi pada minyak zaitun inidapat membantu kamu dalam mencegah muncul adanya kolesterol dalam darah yang teroksidasi. Maka dengan menggunakan minyak zaitun dapat sangat bermanfaat bagi kesehatan kamu.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan yang terdapat dalam minyak zaitun yaitu Lemak tak jenuh yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi. Oleh karena itu untuk memperoleh hasil yang lebih memuaskan atau maksimal kamu dapat mengkonsumsi minyak zaitun yang mengandung extra virgin.

6. Dapat Meredakan Peradangan Kulit

Minyak zaitun juga terdapat kandungan anti inflamasi yang sangat berguna untuk mengobati berbagai peradangan kulit, seperti luka terbakar oleh sinar matahari, kulit yang sensitif, serta gatal-gatal pada kulit.

7. Melindungi dari depresi

Makanan yang mengandung banyak minyak zaitun ternyata juga dapat mengatasi penyakit jiwa. Menurut para peneliti dari Universitas Navarra dan Las Palmas de Gran Canaria. Oleh karena itu minyak zaitun bila dikombinasikan atau digabungkan dengan pilihan makanan sehat dari diet Mediterania, seperti ikan berminyak, sereal gandum, tomat kering matahari dan sayuran, akan menjadikan minyak zaitun menjadi lebih mampu menunjukkan atau memperlihatkan khasiatnya, yaitu memerangi depresi.

Itulah beberapa manfaat dari minyak zaitun untuk kesehatan. Kamu yang ingin sehat dapat memulai dengan menggunakan produk dari bahan minyak zaitun asli agar kesehatan yang kamu inginkan dapat terwujud. Semoga bermanfaat.

Baca Juga