7 Manfaat Kesehatan pada Bawang Merah

Satu.news, Jakarta – Bisa dikatakan bahwa hampir semua setiap makanan di Indonesia menggunakan bawang merah sebagai bumbu masakannya. Yap ! karena bawang merah merupakan bumbu dasar masakan yang dapat menjadi pelengkap dari masakan itu sendiri. Tidak hanya membuat makanan kamu menjadi lebih sedap dan kaya akan rasa, ternyata bawang merah juga mempunyai berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan kita. Apa saja manfaat yang terkandung didalam bawang yang berwarna merah ? Yuk simak penjelasan manfaat bawang merah dibawah ini.

Manfaat bawang merah bagi kesehatan

Bawang merah yang berpasangandengan bawang putih ini ternyata mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kamu. Apa saja manfaatnya ? ini dia:

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Diketahui kandungan polifenol yang ada didalam bawang ternyata mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh kamu dari adanya radikal bebas, menurut Anne Mauney yang merupakan ahli diet di Washington DC, Kemampuan yang dimiliki bawang yang dapat menghilangkan radikal bebas dalam tubuh juga ternyata dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh kamu.

Selain itu juga ternyata bawang dapat mengurangi reaksi alergi dengan menghentikan tubuh kamu dari produksi histamin yang merupakan zat yang dapat membuat kamu bersin-bersin, menangis hingga gatal jika kamu sedang mengalami alergi, menurut University of Maryland Medical Center.

2. Membantu mencegah kanker

Bawang merah yang mengandung zat yang biasa disebut dengan quercetin yang mana adalah zat alami yang menjadikan bawang berwarna warna merah gelap. Dan zat quercetin tersebut merupakan zat yang termasuk mempunyai zat antioksidan yang sangat berperan penting dalam menangkal efek radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh kamu. Salah satu dampaknya adanya penumpukan radikal bebasyang mana adalah kanker.

Adapun antioksidan seperti quercetin juga diketahui mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Karena dilakukan Sebuah penelitian pada hewan tertentu menunjukkan bahwa zat quercetin dalam bawang ini mampu mencegah pertumbuhan pada sel kanker paru, kanker prostat, kanker ovarium, kanker usus, dan juga kanker endometrial yang amat berbahaya.

3. Dapat Menurunkan tekanan darah

Dikatakan bahwa zat quercetin yang cukup tinggi ada didalam bawang merah juga mampu membuat tekanan darah yang tinggi menurunkan. Diungkap dalam jurnal Pharmacological Reports yang diterbitkan pada tahun 2009. Oleh sebab itu seseorang yang mempunyai tekanan darah tinggi dapat berisiko untuk mengalami berbagai macam penyakit degeneratif atau penyakit kronis seperti antara lain; penyakit jantung koroner, stroke, gagal ginjal, serta diabetes mellitus.

4. Menurunkan kolesterol tubuh

Bawang merah juga sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yang terdapat didalam darah. Dan jika melakukan diet dengan mengkonsumsi yang banyak mengandung makanan dengan bawang merah, dikatakan mampu menurunkan kadar kolesterol total dalam tubuh.

Oleh karenanya bawang merah dipercaya dapat menurunkan kolesterol yang terjadi dalam tubuh yang diakibatkan oleh kandungan zat antioksidan serta adanya kandungan zat bioaktif lainnya yang terdapat didalam bawang. Dan yang diyakini dapat menurunkan jumlah lemak total didalam tubuh secara drastis atau langsung.

5. Membantu menormalkan kadar gula darah

Mempunyai kadar gula darah yang tinggi dapat terbukti mengakibatkan timbulnya atau munculnya penyakit diabetes mellitus. Yang mana kadar gula darah tinggi juga merupakan sumber dari segala penyakit degeneratif dan penyakit kronis.

Sehingga Para ahli juga mengungkapkan jika bawang merah ternyata mampu meningkatkan kadar insulin dalam darah serta dapat membantu proses glikolisis pada penderita diabetes yang mana dapat menyebabkan penurunan kadar gula pada darah. Oleh karena itu bawang merah dipercaya semua orang bahwa dapat berkhasiat menurunkan kadar gula yang terdapat dalam darah.

6. Mengandung vitamin C

Ternyata bawang merah merupakan salah satu makanan yang mengandung sumber vitamin C yang baik pada tubuh. Pada hitungan 100 gram bawang dapat mengandung 10% vitamin C yang sangat dibutuhkan tubuh.

Vitamin C adalah satu jenis vitamin yang larut dalam air serta yang dibutuhkan tubuh untuk membuat kolagen dan sebagai penangkal penyakit. Diketahui juga, bahwa kolagen penting untuk tubuh karena Kolagen mengandung protein yang dapat membantu penyembuhan pada luka dan berfungsi untuk menjaga kesehatan serta kekebalan pada tubuh.

7. Mengandung protein yang baik bagi kesehatan tubuh

Kandungan protein dalam bawang merah tidak terlalu banyak. Sehingga setiap bawang dengan berat 148 gram hanya akan ada 1 gram protein yang terkandung di dalamnya saja. Meski begitu bawang merah ini bisa dijadikan sebagai pelengkap bagi makanan sehari-hari seperti bumbu untuk nasi goreng, sambal mentah atau makanan lainnya. Protein yang ada dalam bawang berwarna merah inilah juga sangat berkhasiat baik sebagai untuk memelihara maupun untuk membangun sel jaringan pada tubuh.

Baca Juga