Cara Mengatasi Asam Lambung Yang Naik

Satu.news, Jakarta – Penyakit asam lambung sebenarnya bisa sangat mudah untuk diatasi dengan melalui pengaturan pemilihan makanan yang tepat, sehat serta yang seimbang. Ini dia beberapa aturan makan yang memang perlu kamu ketahui dan perhatikan untuk membantu dalam mengatasi asam lambung yang kambuh pada tubuh ialah:

Makan dengan lebih teratur

Penyebab kenaikan asam lambung salah satunya adalah pola makan yang tidak tepat dan tidak teratur. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu usahakan memiliki jam makan yang sama untuk setiap harinya. serta kamu juga dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan sekitar dua jam sebelum tidur. Karena hal tersebut dapat memicu timbulnya asam naik ke tenggorokan saat kamu tertidur.

Jangan ngemil di waktu makan

Ngemil di antara waktu makan merupakan kebiasaan yang dapat membuat kamu kesulitan dalam mencerna makanan karena mencerna makanan yang terlalu banyak dapat mengakibatkan tubuh kamu membutuhkan waktu yang cukup lama atau lebih untuk mencerna makanan yang masuk tersebut.

Menjaga Porsi makan

Untuk mengatasi asam lambung juga diperlukan memperhatikan porsi makan yang baik. Karena pasalnyamakandalam porsi yang besar atau banyak dapat memicu adanya refluks. Dan untuk menghindari kelaparan, sebaiknya kamu makan lebih sering tetapi dalam porsi yang lebih kecil atau sedikit.

Mengunyah makanan dengan baik dan benar. Terlihat sepele tetapi cara ini juga sangat penting untuk diperhatikan. Karena hal ini juga dapat membantu enzim pencernaan yang ada pada tubuh kamu untuk mengolah serta mencerna makanan dengan lebih baik dan mudah sehingga untuk mengurangi risiko asam lambung yang naik

Jauhi minum air terlalu banyak saat kamu makan. Dengan minum terlalu banyakairdi saataat waktu makan bisa berakibat mencairkan asam pada lambung yang membuat makanan yang kamu makan atau konsumsi akan lebih sulit untuk dicerna.

Berikut pilihan makanan untuk asam lambung yang baik dikonsumsi

Asam lambung terkadang sering naik saat setelah kamu selesai makan. oleh karenanya, selain menjadwalkan makanan untuk lebih teratur, kamu juga perlu lebih ketat lagi memilah apa yang akan kamu makan untuk setiap harinya. Untuk itu mengatasi asam lambung yang salah dalam memilih makanan justru akan membuat asam lambung kamu bisa naik. Ini dia beberapa makanan yang dapat dikonsumsi saat asam lambung melanda.

Pisang

Ilustrasi Pisang
Ilustrasi Pisang (Sumber : pexels)

Pisang memiliki fungsi tingkat keasaman yang rendah sehingga dapat menjadi salah satu makanan . Maka hal ini dapat membuat asam dilambung ternetralisir dan juga membantu meringankan gejala tersebut. Selain dari buah pisang, ternyata bisa juga kamu jumpai pada buah no citrus lainnya seperti buah melon, apel, pepaya, serta buah pir juga bisa jadi pilihan terbaik sebagai makanan ketika asam lambung datang.

Oatmeal

Ilustrasi Oatmeal
Ilustrasi Oatmeal (Sumber: Pexels)

Oatmeal juga mengandung gandum yang kaya akan seratnya. Sehingga dapat membantu penyerapan asam di lambung serta bisa mencegah isi lambung kamu naik kembali. Pilihan makanan yang tinggi akan seratnya selain oatmeal adalah berupa roti gandum serta beras whole grain.

Sayuran hijau

Ilustrasi Sayur Hijau
Ilustrasi Sayur Hijau (Sumber: Pexels)

Sayuran hijau diantaranya seperti sayur brokoli, kol, seledri , kacang hijau, bayam, dan banyak lainnya merupakan pilihan makanan untuk asam lambung yang terbaik.

Putih telur

Ilustrasi Telur
Ilustrasi Telur (Sumber: Pexels)

Putih telur yang rebus merupakan suatu hal yang bagus untuk pemilihan sebagai makanan asam lambung. Tetapi yang harus diingat, hindari atau jauhi kuning pada telur karena didalam kuning telur mengandung lemak yang tinggi sehingga dapat memperparah atau membahayakan kondisi kamu yang sedang sakit asam lambung.

Jahe

Ilustrasi Jahe
Ilustrasi Jahe (Sumber: Pexels)

Dengan jahe kamu dapat membuat olahan seperti jahe parut atau irisan jahe ke dalam smoothie, teh, atau masakan yang akan kamu konsumsi.

Daging tanpa lemak

Ilustrasi Daging
Ilustrasi Daging (Sumber: Pexels)

Dengan daging tanpa lemak merupakan pilihan terbaik sebagai salah satu makanan untuk asam lambung. Karena mengkonsumsi daging ayam tanpa kulit serta daging merah tanpa lemak dengan cara dipanggang, dikukus, atau dibakar. Oleh karena itu hindari cara pengolahan makanan dengan cara digoreng karena minyak dapat memperburuk gejala refluks.

Lidah buaya

Ilustrasi Lidah Buaya
Ilustrasi Lidah Buaya (Sumber: Pexels)

Tanaman lidah buaya sendiri dikenal sebagai penyembuh alami atau natural serta juga perawatan gangguan pada pencernaan.

Makanan yang harus dihindari ketika sakit asam lambung datang

Berikut ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari atau dikurangi, yaitu:

  1. Cokelat
  2. Soda
  3. Makanan yang digoreng
  4. Alkohol
  5. Susu berlemak tinggi
  6. Daging tinggi lemak
  7. Kafein
  8. Tomat
  9. Buah citrus
  10. Bawang bombay

Itulah beberapa tips dan cara ketika asam lambung melanda kamu. Silahkan mencoba dan semoga bermanfaat.

Baca Juga