Cara Menjaga Kebersihan Kamar Tidur

Satu.news – Dapatkah kamu beristirahat atau tidur dengan nyaman jika kamar tempat yang akan kamu tiduri terlihat berantakan maupun kotor? Mungkin bagi sebagian orang, terbiasa dengan tidur dikamar yang seperti itu yang terlihat berantakan dan kotor. Maka mungkin salah satu alasan mereka yang menunda membersihkan kamar sebelum tidur setiap harinya antara lain karena mereka tidak mempunyai waktu yang banyak untuk melakukan hal tersebut sebab padatnya aktivitas yang mereka jalani.

Tentu dengan kebiasaan merapikan maupun membersihkan kamar tidur secara rutin ternyata dapat berpengaruh pada kualitas tidur yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kamu dan keluarga. Berikut inilah beberapa cara yang perlu kamu lakukan secara rutin atau terus menerus dengan berkala sehingga dapat membantu kamu memiliki kamar yang rapi, bersih dan juga sehat:

Merapikan dan Membersihan Tempat Tidur

  • Setiap kamu bangun di pagi hari, biasakanlah diri kamu untuk selalu membereskan tempat tidur yang telah kamu gunakan seperti merapikan sprei, melipat selimut, serta mengatur kembali bantal dan guling yang ada.
  • Ganti sprei maupun sarung bantal minimal dilakukan 2x seminggu.
  • Jemurlah bantal dan guling di trik matahari
  • Bersihkan spring bed paling tidak minimal 6 bulan dalam sekali, agar tempat tidur kamu bersih serta bebas kuman.

Siapkan Wadah atau tempat Khusus Pakaian Kotor

Biasakan juga jangan membuang baju kotor di tempat tidur atau di lantai berserakan, tetapi siapkan juga wadah khusus untuk pakaian kotor kamu, agar kamar tidur kamu tetap terlihat bersih. 

Jangan Makan di atas Tempat Tidur

Jangan melakukan kebiasaan makan di atas tempat tidur, baik ngemil maupun dengan memakan makanan berat yang dapat berpotensi meninggalkan noda dan kotoran.

Buanglah Sampah pada Tempatnya

Setiap mempunyai sampah, bisakan dibuang di wadah yang tepat atau ditempat sampah itu sendiri, jadi siapkan tempat sampah untuk di kamar kamu agar kamar kamu dapat terlihat bersih. 

Bukalah Jendela

Seringlah bukalah jendela kamar kamu khususnya pada saat di pagi hari agar ada pergantian udara yang masuk melalui celah jendela. (dan jika tidak ada jendela di kamar tidur,maka bukalah pintu kamar).

Perhatikan barang-barang di dalam kamar

  •  Biasakan merapikan meja rias atau meja samping tempat tidur kamu dari barang-barang yang berantakan. Agar terlihat rapi dan bersih.
  • Kemudian rapikan barang-barang kecil kamu seperti aksesoris dan juga perlengkapan yang lain ke dalam sebuah wadah atau tempat.
  • Dan kurangi jumlah sebagian barang dan buanglah sebagian barang-barang yang tentu tidak kamu diperlukan.

Setelah semua yang kamu lakukan sudah bersih, maka lakukan pembersihan secara berkala dan menata kamar tidur kamu secara berulang-ulang setiap hari. Awalnya akan sedikit repot dan sulit, akan tetapi lama-kelamaan menjadi hal yang menyenangkan dan kebiasan.

Baca Juga