Inilah 7 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Satu.news – Jahe dikenal banyak orang untuk digunakan sebagai fungsi pengobatan berbagai macam penyakit yang mulai dari sakit pilek, radang sendi, mual, hipertensi, hingga migrain. Sudah banyak bukti khasiat dari jahe ini yang tidak berasal dari saran dokter ataupun medis tetapi didapatkan dari turunan generasi ke generasi selanjutnya. Oleh karena itu para peneliti pun mulai tertarik untuk meneliti jahe sebagai bahan yang baik bagi kesehatan.

Berikut Manfaat Jahe Bagi Kesehatan;

Meringankan Nyeri Otot

Jahe yang terdapat kandungan senyawa yang sering disebut dengan gingerol merupakan bukti dari efek analgesik dan juga anti inflamasi. Mengonsumsi jahe setiap harinya ternyata dapat membantu untuk menjaga terjadinya peradangan agar tetap rendah juga dapat membantu meringankan terjadinya nyeri pada otot yang diakibatkan cedera oleh olahraga.
Adapun sebuah penelitian mengungkapkan bahwa jahe yang akan dikonsumsi setelah melakukan latihan olahraga akan sangat dapat membantu mencegah terjadinya nyeri pada otot karena diketahui nyeri otot akan berkembang dalam beberapa hari setelah melakukan latihan olahraga.

Meringankan Kram Haid

Jahe sama efektifnya dengan ibuprofen yang dalam kandungannya dapat menghilangkan rasa sakit pada daerah wanita dengan dismenore primer. Wanita yang merasakan dismenore (nyeri) mungkin akan lega setelah mengkonsumsi jahe pada waktu tiga hari pertama dari datangnya siklus mereka. Oleh sebab itu, jika kamu mengalami sakit atau menderita pada masa periode haid yang menyakitkan, maka ada baiknya kamu menambahkan jahe untuk dikonsumsi dan lihatlah apakah itu dapat membantu atau tidak.

Membantu Meringankan Rasa Sakit

Jahe yang mengandung komponen aktif gingerol merupakan Gingerol yang bekerja dengan cara menghambat adanya pembentukan sitokin inflamasi serta berperan pembawa senyawa kimiawi dari sistem kekebalan pada tubuh.

Menenangkan Sistem Pencernaan

Jahe memiliki beragam manfaat salah satunya sebagai untuk meredakan ketidaknyamanan dan rasa sakit di bagian perut.

serta dapat mengatasi gangguan pencernaan. Selain itu, jahe sendiri juga dapat digunakan untuk menenangkan saluran usus pada tubuh.

Mengatasi Peradangan

Komponen pedas yang terdapat dalam jahe dikenal juga sebagai oleoresin yang memiliki efek anti inflamasi terkuat. Adapun Manfaat jahe antara lain seperti dapat mengurangi rasa sakit, kram, dan radang sendi pada tubuh.

itulah beberapat manfaat jahe yang harus kalian ketahui. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi kamu.

Baca Juga