6 tips dan Cara Merawat Sepatu Agar Tidak Bau Dan Awet

Satu.news, Jakarta – Bau yang tidak sedap atau tidak enak yang berasal dari sepatu dapat membuatmu kehilangan rasa percaya diri. Sehingga kamu pun bias kesulitan jika hendak melepas sepatu di tempat umum sebab kamu khawatir jika aromanya akan tercium oleh orang lain.

Tapi kamu Jangan khawatir, dengan teknik atau trik jitu penyimpanan yang benar, maka sepatu kamu akan terhindar dari hal ini.

Nah Ini dia cara benar merawat sepatu yang dapat kamu lakukan;

1. Rak Sepatu Terbuka

rak sepatu yang terbuka dapat berperan baik agar sepatu tidak bau. Kenapa ? karena bagian dalam sepatu yang sering digunakan sangat rawan lembap akibat kotoran dan keringat. Sehingga Jika kamu menyimpan sepatu di rak terbuka, maka pergantian udara didalamnya dapat membuat udara lebih optimal.

Dan Ini juga dapat mencegah tumbuhnya jamur yang bisa merusak sepatu dan juga menghasilkan bau tak sedap terhadap sepatu kesayanganmu.

2. Cara Merawat Sepatu dengan Memanfaatkan Silica Gel

Dengan membeli sepatu maka otomatis kamu akan mendapatkan silica gel didalam kotak dosnya. Jika iya, maka Jangan membuang benda tersebut karena Silica gel sangat baik digunakan untuk menjaga kelembapan pada sepatu yang tersimpan didalam kotaknya. Oleh karenanya nantinya sepatu tidak akan mengeluarkan bau apek atau bau tidak enak yang menyengat.

3. Tidak anjurkan menyimpan Sepatu dalam Keadaan Basah

Tips merawat sepatu berikutnya yang paling penting juga untuk kamu lakukan ialah, tidak menyimpan sepatu dalam keadaan basah.
Sepatu dengan kondisi yang masih basah sangat mudah mendatangkan jamur dan bau tak enak.

Oleh sebab itu, jangan langsung menyimpan sepatu ke dalam kotak atau rak ketika masih basah. Dan selalu keringkan sepatu misalnya jemur di bawah sinar matahari langsung atau menggunakan hair dryer.

4. Hindari Menumpuk Sepatu di Satu Tempat

Tumpukan sepatu terbuka sebisa mungkin untuk dihindari walaupun kadang sebagian orang memilih menumpukkannya karena menganggap akan menghemat ruang. Akan tetapi menumpuk sepatu dapat membuat sepatu kehilangan bentuk atau merubah bentuk aslinya yang akan membuat kamu merasa tidak nyaman ketika sedang memakainya. Jadi hindari penumpukan sepatu pada rak sepatu kamu jika tidak ingin mengalami hal tersebut ya.

5. Bersihkan selalu Bagian Dalam Sepatu

Telapak kaki yang mudah berkeringat dapat membuat munculnya jamur pada sepatu serta dapat mengikis bagian sol dalam sepatu. Maka usahakanlah untuk selalu membersihkan bagian dalam sepatu kamu setelah mengenakannya. Cara yang bias kamu lakukan bisa dengan menggunakan bedak anti jamur, alkohol, ataupun tea tree oil.
Dan jangan lupa juga biasakan selalu gunakan kaos kaki agar sepatu dapat terlindungi dari keringat.

6. Cara Merawat Sepatu dengan Penanganan Khusus untuk Sepatu Kulit

Merawat sepatu terakhir ini khusus untuk digunakan pada bahan kulit ya. Hindarilah cara menyimpan sepatu kulit kamu didalam plastik karena dapat menyebabkan warna sepatu menjadi pudar atau hilang. Serta juga saat melakukan pencucian sepatu sebaiknya kamu tidak menggunakan sabun karena dapat membuat teksturnya atau bahannya rusak. Tetapi gunakanlah cairan pembersih khusus untuk sepatu kulit kamu.

Inilah beberapa tips dan cara merawat sepatu kesayangan kamu agar bias digunakan dengan percaya diri. Semoga bermanfaat ya

Baca Juga